Bisnis.com, JAKARTA–Kementerian Kesehatan membuka penerimaan mahasiswa baru Politeknik Kesehatan (Poltekkes) untuk tahun ajaran 2020/2021.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru bersama (SIMAMA) dilakukan serentak secara nasional dan pendaftaran mulai dibuka hari ini, Jumat (14/2/2020). Masa pendaftaran akan berlangsung hingga 13 April 2020.

Ada dua jenis tes dalam seleksi ini, yakni uji tulis dan uji kesehatan. Pelaksanaan uji tulis dijadwalkan pada 22 April 2020, sementara uji kesehatan akan dilaksanakan pada 4 April-8 Mei 2020. Hasil kelulusan akan dimumkan pada 12 Mei 2020.

“Ujian kesehatan biasa, mulai pemeriksaan fisik sederhana. Kemudian dilakukan pemeriksaan laboratorium sederhana. Tentunya yang paling utama kami ikutkan pemeriksaan tes-tes narkoba,” ujar Kepala Badan PPSDMK Kementerian Kesehatan Abdul Kadir, Kamis (13/2/2020).

Dia mengatakan lulusan SMA/sederajat dapat mendaftar SIMAMA pada seluruh jenis program studi (prodi). Terdapat 480 prodi di 38 Poltekkes yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk bisa mendaftar, usia calon peserta disyaratkan maksimal 27 tahun pada awal Tahun Akademik 2020/2021 (1 September 2020), kecuali peserta Tugas Belajar dan Izin Belajar dapat menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku untuk program tersebut.

Selain itu, calon peserta harus memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di Poltekkes dan tidak mengganggu aktivitas kinerja sesuai profesinya

Untuk kriteria fisik, calon peserta harus memiliki tinggi badan minimal 155 cm bagi laki-laki dan 150 cm bagi perempuan, kecuali prodi tertentu dapat ditentukan oleh Poltekkes Kemenkes masing-masing. Verifikasi tinggi badan nantinya dilakukan pada saat ujian kesehatan.

Tinggi badan untuk prodi lainnya ditetapkan oleh Poltekkes masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan diumumkan kepada calon peserta SIMAMA Poltekkes Kemenkes.

Bagi yang berminat dapat mendaftar melalui http://simama-poltekkes.kemkes.go.id/. Pendaftaran dikenai biaya sebesar Rp125.000.

Cara Pembayaran

https://drive.google.com/…/1F6kXNV5XN0dmSKOjedyWKi-zA…/view…