DIII Gizi

/DIII Gizi
DIII Gizi 2018-07-13T08:23:34+00:00

PROGRAM STUDI D3 GIZI PALU POLTEKKES KEMENKES PALU

Pendidikan Diploma III Gizi melaksanakan kegiatan pendididkan yang menghasilkan lulusan Ahli Madya Gizi sebagai pelaksana Asuhan Dietetik, Pelaksana Kegiatan Program Gizi Masyarakat, Pelaksana Pelayanan Gizi Institusi, dan Asisten Penelitiyang  beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, kreatif, mandiri, dan berbudaya dalam menjalankan perannya secara profesional di bidang gizi.

Menghasilkan lulusan ahli madya Gizi yang berkarakter, unggul,  professional dan tanggap terhadap kemajuan IPTEKS

berdasarkan Pancasila tahun 2018

  1. Mendidik mahasiswa yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, kreatif, mandiri, dan berbudaya.
  2. Menyelenggarakan pendidikan Diploma III Gizi yang berorientasi pada pelayanan gizi dan peningkatan status gizi masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pendidikan yang mendukung kemampuan berkomunikasi interpersonal dan professional terintegrasi.
  4. Mengembangkan pendidikan dalam menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan mengolah data gizi masyarakat berbasis teknologi informasi.
  5. Menyelenggarakan penelitian berdasarkan kajian terapan dibidang gizi masyarakat, gizi klinik, dan gizi institusi.
  6. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka memecahkan masalah gizi dengan memanfaatkan ketersediaan sumber daya lokal.
Putu Candriasih, S.ST., M.Kes
Nurjaya, S.Pd., M.Kes.
Subur Djati Prayugi, SKM.,MPH
Fahmi Hafid., S.Gz., M.Kes
Abd. Farid Lewa, SKM.,MPH
Rusli Maudu, SKM., M.Kes
Dwi Erma Kusumawati., M.Kes
Elvyrah Faisal, SKM.,MPH.
Ansar, SKM., M.Kes
Wery Aslinda, S.Si., M.Si.
Bahja, S.Si.,M.Si
Indro Subagyo,SKM.,M.Kes
Udin Djabu, SKM.,M.Kes
Arsella Indra Lestari, SKM.,MKM
Muh. Junaidi, S.Sos.,MA
Sri Rezeki Pettalolo, S.Gz.,M.Gz.,RD
Juniati, S.Pd.,M.Pd
Irawati, SP.,MPH
Hermin Awusi, SKM.,M.Kes

 Profil Lulusan Pendidikan Diploma III Gizi

  1. Profil Umum

Pendidikan Diploma III Gizi melaksanakan kegiatan pendididkan yang menghasilkan lulusan Ahli Madya Gizi sebagai pelaksana Asuhan Dietetik, Pelaksana Kegiatan Program Gizi Masyarakat, Pelaksana Pelayanan Gizi Institusi, dan Asisten Penelitiyang  beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, kreatif, mandiri, dan berbudaya dalam menjalankan perannya secara profesional di bidang gizi.

  1. Profil Khusus

1.Pelaksana Asuhan Dietetik

Ahli Madya Gizi yang memiliki kemampuan dalam melakukan pelayanan gizi klinik dan dietetik pada klien dengan kondisi bukan komplek secara individu dan kelompok dengan menggunakan prosedur pelayanan asuhan gizi terstandar PAGT).

2.Pelaksana Kegiatan Program Gizi Masyarakat

Ahli Madya Gizi yang memiliki kemampuan dalam melakukan pelayanan program gizi masyarakat secara promotif, preventif,   kuratif, dan rehabilitatif sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang telah ditetapkan pada individu maupun kelompok.

3.Pelaksana Pelayanan Gizi Institusi

Ahli Madya Gizi yang memiliki kemampuan dalam melakukan pelayanan penyelenggaraan makanan institusi terkait dengan pemenuhan kebutuhan gizi dan dietetik baik dalam kondisi normal maupun darurat yang meliputi matra darat, laut, dan udara pada klien di institusi.

4.Asisten Peneliti

Ahli Madya Gizi yang memiliki kemampuan dalam membantu proses penelitian dasar dan terapan di bidang gizi dan kesehatan.

       3. Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran (Learning outcome) Program Studi Diploma IIIGizi

1.Sikap dan Tata Nilai

  • Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemampuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri.
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

2. Kemampuan Kerja

  • Mampu melakukan asuhan gizi klinik dan dietetik untuk pemenuhan kebutuhan gizi individu dan kelompok pada kondisi bukan kompleks dengan  menggunakan proses asuhan gizi dan  terminologi terstandar sesuai dengan yang ditugaskan.
  • Mampu melaksanakan kegiatan program  gizi secara promotif , preventif,   kuratif, dan rehabilitatif sesuai dengan prosedur dan mekanisme yang telah ditetapkan pada individu maupun kelompok.
  • Mampu melakukan kegiatan penyelenggaraan makanan  pada institusi untuk menyediakan makanan yang sehat dan aman  guna pemenuhan kebutuhan gizi dan dietetik pada klien secara mandiri dalam kondisi normal maupun darurat yang meliputi matra darat, laut, dan udara sesuai  prosedur tetap yang berlaku.
  • Mampu mengumpulkan data dan mengolah data secara deskriptif pada penelitian dasar dan terapan di bidang gizi dan kesehatan.

3.Pengetahuan

  • Menguasai prinsip-prinsip ilmu gizi dan penyakit terkait gizi, pangan,  komunikasi,  edukasi dan penyuluhan gizi, kesejahteraan sosial, dan humaniora untuk dapat melaksanakan pelayanan gizi non kompleks sesuai asuhan gizi terstandar (PAGT)/NCP.
  • Menguasai prinsip-prinsip ilmu gizi dan penyakit terkait gizi masyarakat, surveilans gizi, pangan,  komunikasi, kegiatan program gizi,pemasaran produk program gizi,   sosial dan antropologi, dan humaniora untuk dapat melaksanakan pelayanan gizi non kompleks sesuai asuhan gizi terstandar.
  • Menguasai prinsip-prinsip ilmu gizi dan dietetik, pangan,  komunikasi,  penyuluhan gizi, higiene sanitasi, penyelenggaraan makanan banyak pada klien  dan upaya wirausaha, dan humaniora, untuk dapat melaksanakan pelayanan gizi institusi sesuai asuhan gizi terstandar (PAGT)/NCP.
  • Menguasai prinsip-prinsip ilmu gizi dan penyakit terkait gizi masyarakat, surveilans gizi, pangan,  komunikasi, kegiatan program gizi,pemasaran produk program gizi,   sosial dan antropologi, dan humaniora untuk dapat melaksanakan pengumpulan data dan pengolahan data secara deskriptif dalam membantu pelaksanaan penelitian dasar dan terapan di bidang gizi dan kesehatan.

4. Hak dan Tanggung Jawab

  • Mampu bekerja dalam tim dan berkomunikasi secara efektif serta mampu menyusun laporan asuhan gizi di bawah bimbingandengan  menggunakan proses asuhan gizi terstandar dengan  terminologi/istilah yang baku.
  • Bertanggung jawab atas hasil kerja sendiri dan kelompok dalam asuhan gizi serta memiliki sikap empati pada klien.
  • Mampu bekerja dalam tim dan berkomunikasi secara efektif serta mampu menyusun laporan penyelenggaraan makanan  pada institusi.
  • Bertanggung jawab atas hasil kerja sendiri dan kelompok di bidang penyelenggaraan makanan pada institusi serta memiliki sikap empati pada klien.
  • Mampu bekerja dalam tim dan berkomunikasi secara efektif serta mampu menyusun laporan penyuluhan dan konseling gizi secara mandiri.
  • Bertanggung jawab atas pelaksanaan penyuluhan dan konseling gizi serta memiliki sikap empati pada kelompok sasaran dan
  • Mampu bekerja dalam tim pemasaran produk gizi dan mampu menyusun laporan pemasaran dengan lengkap secara mandiri.
  • Bertanggung jawab atas pelaksanaan pemasaran gizi secara individu maupun kelompok.
  • Mampu bekerja dalam tim dan berkomunikasi secara efektif serta mampu menyusun laporan lengkap tentang penilaian mutu, kandungan energi dan zat gizi makanan dan minuman secara mandiri.
  • Bertanggung jawab atas penilaian mutu, kandungan energi, zat gizi, dan keamanan makanan dan minuman.
  • Mampu bekerja dan berkomunikasi secara efektif dalam tim peneliti serta mampu  menyusun laporan penelitian.
  • Bertanggung jawab atas pelaksanaan penelitian yang menjadi tugasnya.

STRUKTUR PROGRAM DAN DISTRIBUSI MATA KULIAH

  1. Beban dan Lama Studi

Beban belajar mahasiswa yang mengikuti pendidikan Diploma III Gizi adalah paling sedikit 108 SKS dengan lama studi 3 (tiga) sampai 4 (empat) tahun. Dengan ketentuan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi:

  1. Beban normal belajar mahasiswa adalah 8 (delapan) – 9 (sembilan) jam per hari atau 48 (empat puluh delapan) – 54 (lima puluh empat ) jam per minggu setara dengan 18 (delapan belas) – 20 (dua puluh) SKS per semester.
  2. Satu SKS   setara   dengan   160   (seratus   enam   puluh)   menit   kegiatan   belajar per minggu per semester.
  3. Waktu kegiatan   pembelajaran   efektif   selama 16 (enam belas) minggu.
  4. Satu sks pada bentuk pembelajaran kuliah, responsi dan tutorial, mencakup:
  5. Kegiatan belajar   dengan   tatap   muka   50   (lima   puluh)   menit   per   minggu per semester;
  6. Kegiatan belajar dengan penugasan terstruktur 50 (lima puluh) menit perminggu per semester; dan
  7. Kegiatan belajar mandiri 60 (enam puluh) menit per minggu per semester.
  8. Satu SKS pada bentuk pembelajaran seminar atau bentuk pembelajaran lain yang sejenis, mencakup:
  9. Kegiatan belajar tatap muka 100 (seratus) menit per minggu per semester; dan
  10. Kegiatan belajar mandiri 60 (enam puluh) menit per minggu per semester.
  11. Satu SKS pada bentuk pembelajaran praktikum, praktik lapangan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat,dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara, adalah 160 (seratus enampuluh) menit per minggu per semester.

2.Struktur Program

NO KODE MK MATA KULIAH SKS T P K
             
 1 Gz -101 Pendidikan Agama 2 2 0 0
 2 Gz -102 Kewarganegaraan 2 2 0 0
 3 Gz -103 Pendidikan Pancasila 2 2 0 0
 4 Gz -105 Bahasa Indonesia 2 1 1 0
 5 Gz-104 Bahasa Inggris 2 1 1 0
 6 Gz-405 Etika Profesi 2 2 0 0
 7 Gz-107 Hukum Kesehatan 2 2 0 0
 8 Gz-317 Kewirausahaan 2 2 0 0
 9 Gz-106 Ilmu Sosio Antropologi 2 2 0 0
 10 Gz-201 Ilmu gizi Dasar 2 1 1 0
 11 Gz-209 Ilmu Kesehatan Masyarakat 2 2 0 0
 12 Gz-311 Penilaian status gizi 3 2 1 0
 13 Gz-312 Epidemiologi gizi 2 2 0 0
 14 Gz-204 Anatomi fisiologi 2 2 0 0
 15 Gz-205 Biokimia Gizi 2 2 0 0
16 Gz-303 Patologi Manusia 2 2 0 0
 17 Gz-403 Survey Konsumsi Pangan 3 2 1 0
 18 Gz-306 Gizi dalam Daur Kehidupan 3 2 1 0
 19 Gz-401 Dietetik Penyakit Infeksi 3 2 1 0
 20 Gz-402 Dietetik Penyakit Tidak Menular 3 2 1 0
 21 Gz-408 SPMI 3 2 1 0
 22 Gz-305 Gizi Kulineri 3 2 1 0
 23 Gz-308 Penyuluhan dan Konsultasi Gizi 2 1 1 0
 24 Gz-207 Ilmu Pangan 2 1 1 0
 25 Gz-313 Ilmu Teknologi Pangan 2 1 1 0
26. Gz-310 Ekonomi Pangan dan Gizi 2 2 0 0
27. Gz-406 Perencanaan Program Gizi 3 2 1 0
28. Gz-316 Metodologi Penelitian 3 2 1 0
29. Gz-502 PKL PIGM 3 1 2 0
30. Gz-210 Statistika 2 1 1 0
31.. Gz-315 Aplikasi Komputer 2 1 1 0
32.  Gz-503 PKL SPMI 3 1 2 0
33. GZ-501 PKL Gizi Klinik 3 1 0 2
34.  Gz-320 Tugas Akhir 3 1 2 0
Total Jumlah SKS 79 55 22 2

3.Distribusi Mata Kuliah

NO KODE MK MATA KULIAH SKS T P K SEM I SEM II SEM III SEM IV SEM V SEM VI
              T P T P T P T P T P T P
 1. Gz -101 Pendidikan Agama 2 2 0 0  2 0
1. Gz -102 Kewarganegaraan 2 2 0 0 2 0
3. Gz -103 Pendidikan Pancasila 2 2 0 0 2 0
4. Gz -105 Bahasa Indonesia 2 1 1 0 1 1
5. Gz-104 Bahasa Inggris 2 1 1 0 1 1
6. Gz-405 Etika Profesi 2 2 0  0 2 0
7. Gz-107 Hukum Kesehatan 2 2 0  0 2 0
8. Gz-317 Kewirausahaan 2 2 0  0 2 0
9. Gz-106 Ilmu Sosio Antropologi 2 2 0  0 2 0
10. Gz-201 Ilmu gizi Dasar 2 1 1  0 1 1
11. Gz-209 Ilmu Kesehatan Masyarakat 2 2 0  0 2 0
12. Gz-311 Penilaian status gizi 3 2 1  0 2 1
13. Gz-312 Epidemiologi gizi 2 2 0  0 2 0
14. Gz-204 Anatomi fisiologi 2 2 0  0 2 0
15. Gz-205 Biokimia Gizi 2 2 0 0 2 0
16. Gz-303 Patologi Manusia 2 2 0 0 2 0
17. Gz-403 Survey Konsumsi Pangan 3 2 1 0 2 1
18. Gz-306 Gizi dalam Daur Kehidupan 3 2 1 0 2 1
19. Gz-401 Dietetik Penyakit Infeksi 3 2 1 0 2 1
20. Gz-402 Dietetik Penyakit Tidak Menular 3 2 1 0 2 1
21. Gz-408 SPMI 3 2 1 0 2 1
22. Gz-305 Gizi Kulineri 3 2 1 0 2 1
23. Gz-308 Penyuluhan dan Konsultasi Gizi 2 1 1 0 1 1
24. Gz-207 Ilmu Pangan 2 1 1 0 1 1
25. Gz-313 Ilmu Teknologi Pangan 2 1 1 0 1 1
26. Gz-310 Ekonomi Pangan dan Gizi 2 2 0 0 2 0
27. Gz-406 Perencanaan Program Gizi 3 2 1 0 2 1
28. Gz-316 Metodologi Penelitian 3 2 1 0 2 1
29. Gz-210 Statistika 2 1 1 0 1 1
30. Gz-502 PKL PIGM 3 1 2 0 1 2
31. Gz-503 PKL SPMI 3 1 0 2 1 2
32. Gz-501 PKL Gizi Klinik 3 1 0 2 1 2
33. Gz-315 Aplikasi Komputer 2 1 1 0 1 1
34. Gz-320 Tugas Akhir 3 1 2 0 1 2
    Total Jumlah SKS 79 55 22 2  11 3   5  1  13  4  11  7  12  2  4  8