Poltekkes Palu adalah satu-satunya institusi pendidikan tinggi milik Kementerian Kesehatan RI yang ada di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. Poltekkes Palu menyelenggarakan pendidikan Diploma III (6 Prodi) dan Pendidikan Sains Terapan (2 Prodi). Dalam penyelenggaraan pendidikan, Poltekkes Palu terus berupaya menyelenggarakan pendidikan secara akuntabel untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Salah satu tolak ukur penyelenggaraan yang baik adalah melalui proses akreditasi. Akreditasi perguruan tinggi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan sebuah perguruan tinggi. Penilaian yang dilakukan terhadap penyelenggaraan akademik dan manajemen institusi tentu saja disesuaikan dengan Standar Nasional Perguruan Tinggi.

Dalam rangka persiapan untuk Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Poltekkes Palu yang direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2017/2018, maka pada tanggal 31 Maret s/d 1 April 2017 manajemen Poltekkes Palu mengadakan kegiatan Workshop Pengisian Borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) di Hotel Mercure Palu. Sebagai narasumber pada kegiatan workshop ini adalah DR. Waryana,SKM., M.Kes dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan workshop ini diikuti oleh 48 orang pegawai Poltekkes Palu. Seluruh peserta ini merupakan perwakilan dari unsur pimpinan, ketua jurusan, kaprodi, kepala unit, sub unit, dosen dan tenaga kependidikan. Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan workshop ini adalah terbentuknya tim pengisian borang akreditasi dan tim penyusun kelengkapan dokumen borang akreditas yang memahami konsep AIPT, teknik pengisian borang AIPT dan memiliki persepsi yang sama dalam pengisian borang akreditasi AIPT. Untuk selanjutnya tim ini akan bekerja sama untuk mengisi dan melengkapi isian borang AIPT beserta dokumen kelengkapannya untuk kepentingan akreditasi Poltekkes Palu.

Dalam acara penutupan workshop, Direktur Poltekkes Palu, Nasrul, SKM.,M.Kes menyampaikan bahwa persiapan akreditasi ini bukan pekerjaan yang mudah. Namun tidak ada sesuatu yang mustahil untuk dikerjakan. Dibutuhkan kerjasama, kerja keras, kerja cerdas dan dedikasi yang tinggi untuk bisa mencapai target akreditasi yang ingin dicapai. Dengan bekerjasama dan saling berkomitmen terhadap tugas masing-masing niscaya apa yang selama ini dicita-citakan untuk kemajuan Poltekkes Palu akan bisa dicapai.