Ada yang istimewa pada saat kunjungan Kepala Badan PPSDM Kesehatan RI di Poltekkes Kemenkes Palu Prodi Keperawatan dan Kebidanan Poso. Pada acara peresmian gedung baru Poltekkes Kemenkes Palu di Prodi Keperawatan dan Kebidanan Poso tersebut, Kepala Badan PPSDM Kesehatan RI, drg. Usman Sumantri, M.Sc disambut dan diterima di bumi Poso dengan acara adat Pekasiwia. Pekasiwia adalah upacara adat Poso yang dilakukan untuk menyambut dan menghormati tamu – tamu pemerintah yang baru pertama kalinya mengunjungi  Lemba Pamona di Kabupaten Poso. Kepala Badan PPSDM Kesehatan RI, drg. Usman Sumantri, M.Sc memang baru pertama kali ini menginjakkan kaki di Poso, oleh karena itu Poltekkes Kemenkes Palu menyambut beliau dengan upacara adat Pekasiwia. Makna dari upacara adat Pekasiwia sendiri adalah bahwa dengan penyerahan “PEKASIWIA” ini berarti secara resmi masyarakat adat Lemba Pamona di Kabupaten Poso telah menerima tamu yang berkunjung menjadi warga masyarakat adat Lemba Pamona.

Dalam upacara adat Pekasiwia ada beberapa simbol yang diberikan kepada tamu yang datang. Diantaranya ada simbol yang disebut Enu Kalide. Enu Kalide adalah sejenis tumbuh – tumbuhan yang tumbuh di daerah Poso, kemudian dirangkai menjadi sebuah kalung yang merupakan kalung penghargaan kepada tetamu yang datang di daerah Bumi Sintuwu Maroso (Poso). Kemudian simbol berupa beras putih halus sebagai makanan pokok dan 7 (Tujuh ) butir telur ayam dalam “ Bingka Lora” atau bakul dari daerah Poso sebagai Polangari Ntanoana (Penentram Sukma). Simbol yang lain adalah satu ekor ayam jantan putih yang paruh dan kakinya berwarna kuning, sebagai simbol ketersediaan Lauk Pauk yang tidak bercacat. Ada lagi simbol berupa nira manis dalam bambu  kuning dengan ukuran satu setengah ruas sebagai minuman penghormatan.

Dengan sabar dan antusias, Kepala Badan PPSDM Kesehatan RI, drg. Usman Sumantri, M.Sc mengikuti seluruh proses dari upacara Pekasiwia. Dan upacara adat Pekasiwia ini menjadi penyambutan yang memang khusus dipersembahkan kepada Kepala Badan PPSDM Kesehatan RI, drg. Usman Sumantri, M.Sc yang baru pertama kali berkunjung ke Kabupaten Poso.