Praktik Kerja Lapangan Terpadu Poltekkes Kemenkes Palu pada tahun 2017 ini diselenggarakan di Desa Labuan Induk, Desa Labuan Lelea dan Desa Labuan Panimba, Kecamatan Labuan, Kab.Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Pemilihan lokasi ini dilakukan melalui diskusi terutama dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kab. Donggala.

Praktik Kerja Lapangan Terpadu adalah sebuah kegiatan praktik yang diikuti oleh mahasiswa/i dari seluruh jurusan yang ada di Poltekkes Kemenkes Palu, yaitu Jurusan Kesehatan Lingkungan, Jurusan Kebidanan, Jurusan Keperawatan dan Jurusan Gizi. Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap mahasiswa/i bisa belajar untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan yang terjadi di masyarakat. Di lokasi PKLT, para mahasiswa melakukan pendataan menggunakan formulir pendataan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga.

Selanjutnya dari hasil pendataan dilakukan intervensi terhadap masalah-masalah yang teridentifikasi. Intervensi dilakukan dengan metode IPC (Interprofesional Colaboration). Metode IPC yaitu memberikan intervensi kepada setiap KK dengan pembinaan dari 4 keahlian yang berbeda yaitu Kesehatan Lingkungan, Kebidanan, Keperawatan dan Gizi. Kegiatan PKLT diikuti oleh 281 orang mahasiswa/i dari Jurusan Kesling, Kebidanan, Keperawatan dan Gizi. Kegiatan ini dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 6 Juli 2017 sampai tanggal 17 Juli 2017.

Kegiatan PKLT dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Palu, Nasrul, SKM., M.Kes dan ditutup oleh Pudir I Bidang Akademik, Lisnawati, S.Kep, Ners.,MPH. Pada penutupan kegiatan PKLT, Pudir I Bidang Akademik menyerahkan data-data hasil proses pendataan kepada pimpinan wilayah Kecamatan Labuan. Data yang dihasilkan sangat bermanfaat sekali terutama bagi Puskesmas yang membawahi wilayah Kecamatan Labuan untuk bisa mendukung program-program kesehatan yang dilaksanakan di wilayah tersebut.