Palu, 02 Juli 2024. Tim Pengabdian Masyarakat dari Poltekkes Kemenkes Palu yang terdiri dari : , Saharudin, SKM., M.Sc,(Ketua Tim), Dr. Tjitrowati Djaafar, SKM., M.Kes, U’din, SKM.,M. Si baru saja menyelesaikan kegiatan pembuatan Percontohan Sumur bor di Desa Kabobona Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi, dengan surat tugas tertanggal 07, 08 dan 10 Mei tahun 2024 yang bertujuan untuk melaksanakan pembuatan percontohan sumur bor, sehingga dengan tercukupinya kebutuhan air bersih, penularan penyakit berbasis lingkungan dapat dicegah.

Air bersih menjadi persoalan kontemporer seiring kepadatan penduduk yang semakin meningkat. Setiap rumah tangga yang tinggal di perkotaan maupun pedesaan pasti akan membutuhkan yang namanya air bersih. Sebagian warga masih kesulitan dengan air bersih. Untuk itu tim dosen dari Poltekkes kemenkes Palu h memberi solusi.

Pelaksanaan pengabdian  ini berawal dengan diadakan pengambilan data oleh mahasiswa semester satu Prodi DIII Sanitasi Jurusan Kesehatan Lingkungan pada tanggal 3 September 2022, dan dipoeroleh data bahwa desa Kabobona adalah desa yang terdampak likuifaksi dan masih ada warga masarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih. Untuk itu perlu tindak lanjut dengan survey dan melibatkan tenaga sanitasi puskesmas Dolo, dan setelah itu diperoleh data bahwa betul masih ada warga yang kesulitan air bersih di Desa Kabobona, terutama di RW II.

Salah satu pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah ketersediaan air bersih  disetiap rumah tangga yang tujuan untuk menghindari terjadinya krisis air bersih yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit berbasis lingkungan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu solusi ketersediaan air bersih dengan cara membuat sarana air bersih berupa pembuatan percontohan sumur bor yang merupakan salah salah satu cara untuk memperoleh air bersih yang memenuhi syarat kesehatan, sehingga aman digunakan oleh masyarakat. Untuk memenuhi hal tersebut pelu kerja sama melalui  peningkatan peran seluruh pemangku kepentingan, pelaksanaan sosialisasi, mengembangkan kesadaran masyarakat tentang konsekuensi kekurangan air bersih, dan perubahan perilaku masyarakat. Peningkatan kapasitas kemitraan dengan kelompok masyarakat, melalui cara menggali potensi masyarakat untuk membangun sarana air bersih, dan mengembangkan solidaritas sosial (gotong royong) serta tidak mengganggu aestetika serta terlaksananya pembuatan percontohan sumur bora tau sarana air bersih yang siap pakai oleh masyarakat desa Kabobona kecamatan Dolo Kabupaten Sigi dan terbentuknya kelompok masyarakat  untuk menjaga serta memberi penjelasan tentang manfaat pembuatan percontohan sumur bor.

  1. Aplikasi dari IPTEK terkait tugas dan fungsi jabatan dosen agar ilmu bisa di kembangkan dan deterapkan ditengah-tengah masyarakat dan tidak hanya diajarkan kepada mahasiswa.
  2. Mendukung program pemerintah pusat dan daerah di bidang sanitasi dasar, yang spesifik pada peningkatan pelayanan sarana perpipaan air bersih di wilayah kerja Puskesmas Dolo.

Sebagai perwujudan dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat  di RT II, berupa Pembuatan Percontohan  Sumur Bor di Daerah Terdampak Likuifaksi Desa Kabobona Kecamatan  Dolo Kabupaten Sigi  Sulawesi Tengah oleh Tim Poltekkes Kemenkes Palu. Sarana air bersi harus dimiliki oleh setiap rumah tangga. Dibawah ini dperlihatkan beberapa gambar terkait pembuatan sumur bor.