Diah Ayu Hartini1*, Ansar1, Siti Hadijah Batjo2, Bahja1

Tim pengabdian kepada masyarakat yang diketuai oleh Diah Ayu Hartini, S.KM., M.Kes telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMA Negeri 7 Palu dengan jumlah peserta sebanyak 59 orang yang terdiri dari siswa dan siswi SMA kelas X dan XI. Untuk mencegah konsumsi bahan tambahan pangan berbahaya pada pelajar, maka yang dapat dilakukan diantaranya adalah meningkatkan pemahaman pelajar terkait bahan tambahan pangan berbahaya yang terdapat dalam jajanan sekolah dengan mengenali tanda-tanda pangan yang mengandung bahan berbahaya tersebut.

Bahan Tambahan Pangan (BTP) merupakan bahan tertentu yang ditambahkan dalam pangan sehingga membuat makanan terlihat menarik dan memiliki daya simpan yang lebih lama. Suatu pangan dikatakan aman apabila bebas dari bahaya yang mungkin timbul karena adanya kandungan cemaran biologis, kimia dan fisik. Bebas yang dimaksud bukanlah bebas atau sama dengan nol atau tidak ada sama sekali. Melalui berbagai alasan yang ada beberapa pangan secara alami mengandung kontaminan ataupun karena faktor tertentu kontaminan tersebut tidak dapat dihilangkan sama sekali keberadaannya dalam pangan. BTP dapat menjadi berbahaya jika digunakan dalam pangan dengan dosis yang lebih banyak dari standar yang telah ditentukan atau batas konsumsi. BTP berbahaya biasanya terdapat dalam jajanan sekolah yang berpeluang besar dikonsumsi oleh pelajar.

Pelaksanaan kegiatan berupa pemberian edukasi BTP berbahaya dalam jajanan sekolah melalui media power point dan pembagian leaflet yang berisi tentang bahan tambahan pangan berbahaya pada jajanan sekolah. Dalam materi yang diberikan, Diah Ayu Hartini yang juga merupakan dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Palu menekankan pentingnya mengenali ciri-ciri dan akibat konsumsi berlebih bahan tambahan pangan berbahaya dalam jajanan sekolah yang bisa berujung pada keracunan makanan hingga kematian. Untuk akibat jangka panjang dari konsumsi BTP berbahaya adalah gangguan pernafasan, pencernaan, hingga adanya penyakit kanker.

Kolaborasi Poltekkes Kemenkes Palu dan SMA Negeri 7 Palu membuktikan komitmennya dalam mengatasi masalah gizi pada remaja melalui edukasi yang meningkatkan pengetahuan remaja akan bahan tambahan pangan berbahaya yang ada dalam jajanan sekolah.